Dewasa ini, pendidikan merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap warga negara, tanpa terkecuali. Meraih pendidikan tinggi, seperti S1, S2, maupun S3, menjadi sesuatu yang ingin dicapai anak bangsa.

Media pembelajaran yang saat ini sedang giat dilaksanakan di berbagai belahan dunia adalah berbasis online learning. Online learning adalah media pembelajaran melalui jaringan internet dengan komunikasi dua arah, di mana seorang pengajar dan seorang pelajar/mahasiswa tidak harus bertemu tatap muka untuk melakukan proses belajar-mengajar, tetapi cukup menyediakan sarana internet dan komputer untuk melaksanakan hal tersebut.

Online learning memiliki beberapa keunggulan, yakni lokasi tempat belajar tidak membosankan karena kita bebas melakukan online learning di mana saja asal dapat menyediakan 2 sarana yang disebutkan tadi, yang kedua dapat menghemat biaya fasilitas pembelajaran, jika kita belajar di sebuah ruangan, misalkan sekolah, kampus, dan lain-lain, tentu ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mendukung perawatan ruangan tersebut, ketiga dapat menyesuaikan waktu antara pengajar dan pelajar.

Pemerintah Indonesia juga sudah mencanangkan program SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) sejak 2014 di beberapa PTN di Indonesia, yakni ITS, ITB, UGM, dan UI. Universitas Nasional mendukung adanya program online learning dengan menyediakan sarana untuk interaksi antara dosen dan mahasiswa secara tidak langsung melalui portal webkuliah.unas.ac.id. Oleh karena itu, Teknik Fisika, Universitas Nasional mendukung pula untuk menyediakan program pembelajaran kuliah melalui sistem online learning.

Di samping pembelajaran berbasis online learning, Teknik Fisika, Universitas Nasional, juga melaksanakan program blended learning, dimana program ini adalah perpaduan antara perkuliahan tatap muka dengan perkuliahan berbasis online.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Sekretariat Program Studi Teknik Fisika, melalui email Ibu Fitria Hidayanti, S.Si., M.Si., Ketua Prodi Teknik Fisika Universitas Nasional, fitriahidayanti@gmail.com.


Penulis : Farhan Rizky Ramadhan (Teknik Fisika 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *