cpu-teknik

Jakarta [UNAS] – Teknik Fisika merupakan ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari berbagai bidang aplikasi ilmu dasar, ilmu terapan dan pemanfaatan teknologi. Di beberapa Perguruan Tinggi Indonesia, program studi Teknik Fisika terbilang sebagai program studi yang unik dan kebutuhan lulusan Teknik Fisika termasuk kedalam sumber daya yang sangat diperlukan di berbagai lini dunia industri seperti Oil dan Gas, industri pertambangan, manufaktur, Geothermal, Energi Baru dan Terarukan dan Power Plant.

Program Studi Teknik Fisika Universitas Nasional yang merupakan Teknik Fisika ketiga di Indonesia, setelah Teknik Fisika ITB dan Teknik Fisika ITS, dan didirikan oleh Dosen dan Alumni Teknik Fisika ITB Tahun 1974 pada Oktober tahun ini akan menginjakkan usianya ke – 40 tahun. Di usianya yang terbilang cukup matang tersebut program studi Teknik Fisika Unas memiliki cara tersendiri untuk memperkuat branding dan identitasnya. Selain dengan memperluas jaringan dan menorehkan prestasi melalui paten hasil karya mahasiswa dan dosen, program studi Teknik Fisika Unas juga melakukan cara lain yang tidak kalah menarik, yaitu dengan penggunaan seragam Teknik Fisika untuk seluruh mahasiswa dan dosen.

Seragam yang kini menjadi tanda pengenal bagi mahasiswa dan dosen program studi Teknik Fisika Unas ini pun menjadi kebanggaan dan digunakan di setiap kegiatan, baik kuliah umum, seminar maupun dalam proses belajar mengajar. Tidak hanya itu, penggunaan seragam secara serempak tersebut juga menjadi simbol semangat baru bagi kemajuan dan perkembangan Teknik Fisika Unas.

Sementara itu, program studi Teknik Fisika Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional sebelumnya juga berhasil melebarkan sayap dan memperluat eksistensinya melalui berbagai kunjugan dan perolehan prestasi diantaranya adalah pertemuan Teknik Fisika se – Indonesia dalam rangka pembahasan benchmarking dan Kurikulum Teknik Fisika Indonesia pada 14 Agustus 2014 lalu, pertemuan dengan Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur, Prof Dr. Ari Purbayanto dan Atase Perdagangan KBRI Kuala Lumpur, Fajarini Puntodewi pada 18 – 23 Agustus 2014. Tidak hanya itu, Dosen dan mahasiswa Teknik Fisika Unas juga telah berhasil meraih juara III pada Lomba Cipta Teknologi Tepat Guna tingkat Perguruan Tinggi Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh BPMPKB Provinsi DKI Jakarta melalui penciptaan produk Portable Phototherapy FIMS-311 pada Juli 2014 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *