logo-beasiswa-plus

JAKARTA-Farhan Rizky Ramadhan, mahasiswa jurusan Teknik Fisika angkatan 2015, menjadi salah satu mahasiswa Universitas Nasional yang berhasil mendapatkan beasiswa dari Djarum Beasiswa Plus pada bulan September 2017. Ia mendapatkan beasiswa tersebut selama satu tahun pada periode September 2017 hingga September 2018 bersama penerima beasiswa Djarum dari Universitas Nasional lainnya, yakni Chellsa Afridhamita, mahasiswa jurusan Manajemen. Ia bersama mahasiswi manajemen tersebut adalah 2 penerima Beasiswa Djarum angkatan ke-33 mewakili Universitas Nasional.

Beasiswa tersebut tidak didapatkan dengan mudah, melainkan ia harus menjalani berbagai proses seleksi yang cukup ketat di regional Jabodetabek, bersaing dengan mahasiswa dari universitas negeri dan swasta ternama selain dari sesama mahasiswa Universitas Nasional, diantaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Tarumanagara (UNTAR), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, dan lain-lain. Seleksi calon penerima beasiswa Djarum dilakukan dalam 3 tahap, yakni seleksi administratif, seleksi tertulis, dan seleksi wawancara.

Setelah diterima menjadi Beswan Djarum (sebutan untuk penerima beasiswa Djarum), ia menerima tunjangan beasiswa dan juga berkesempatan untuk menjalani berbagai aktivitas pengembangan softskill yang diselenggarakan oleh Djarum Beasiswa Plus, yang terdiri dari Character Building, Leadership Development, dan Nation Building.

Dari tiga kegiatan softskill yang dilakukan, ia mendapatkan manfaat yang luar biasa karena sebagai mahasiswa tidak hanya aktivitas akademik saja yang ditingkatkan, namun harus juga dibarengi oleh aktivitas pengembangan softskill dimana dapat mempengaruhi kualitas intelektualnya setelah lulus. Beasiswa Djarum memberikan pelatihan karakter dan kepemimpinan dalam bentuk kegiatan Character Building dan Leadership Development serta pemahaman nilai budaya Indonesia dan nasionalisme dalam bentuk kegiatan Nation Building kepada Beswan Djarum dengan semangat agar putra-putri Bangsa Indonesia dalam hal ini Beswan Djarum nantinya dapat membangun Bangsa Indonesia dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia di Dunia kelak.

Dalam sebuah kesempatan, ia mengatakan bahwa, seorang mahasiswa harus memanfaatkan dengan baik waktu yang digunakan selama menjalani masa kuliah untuk meraih prestasi akademik dan non-akademik di dalam kampus maupun di luar kampus, menjadi seorang organisatoris, kemampuan berkomunikasi, attitude, serta public speaking yang baik untuk menunjang karirnya setelah ia lulus nanti. Lebih lanjut, ia berharap dirinya dan mahasiswa lainnya, bisa berguna bagi Indonesia dan dapat terjun ke lingkungan masyarakat, membantu masyarakat Indonesia mengatasi problematika yang ada, sesuai keahlian dan pengetahuan yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.