unnamed

JAKARTA-Arfa’a Wulanda Agnia, mahasiswa Teknik Fisika, Universitas Nasional, berkesempatan untuk mengikuti program kegiatan yang bernama Global Leadership Development Program (GLDP) di Far East University, Korea Selatan. Far East University adalah universitas swasta yang berlokasi di Chungcheongbuk-do, sekitar 2 jam perjalanan dari Seoul, Ibu Kota Korea Selatan. Ia mengikuti program GLDP selama satu bulan penuh (winter season) pada bulan Januari – Februari 2017, di Korea Selatan dan akhirnya menjadi peserta terbaik (best student) selama program tersebut berlangsung.

Program ini merupakan kerja sama antara UNAS dan Far East University dalam melatih sikap kepemimpinan yang ada pada mahasiswa UNAS, yang terbagi menjadi dua periode, yakni winter season dan summer season. Program GLDP di Far East University, diikuti oleh peserta dari berbagai negara, seperti Filipina, Korea Selatan, Indonesia, dan Thailand.

Program berdurasi 4 minggu ini bermanfaat untuk mahasiswa peserta program untuk melatih kepemimpinan sekaligus kemampuan berbahasa Inggris. Untuk pelaksanaan program, terdiri atas kegiatan yang bersifat individu maupun kelompok (leaderless group) dan setiap minggunya diadakan lomba, seperti Drama, Spelling Bee, Presentation, dan lain sebagainya. Untuk kegiatan sehari-hari, dari hari Senin sampai Jumat diadakan kelas yang terbagi menjadi kelas drama, musik, sastra, dan sebagainya dan juga ada acara, “movie night” setiap minggunya.

Setelah mengikuti program wajib di Universitas, peserta program GLDP juga mengikuti field trip dengan mengunjungi tempat wisata yang bernuansa tradisional di Korea Selatan dan juga mengunjungi taman bermain.

Selain itu, mahasiswa Teknik Fisika angkatan 2014, Evanderzen Julito Martin Septory dan Malika Ikrimah, juga mengikuti program credit transfer selama 1 semester di Far East University, Korea Selatan pada tahun 2015 yang lalu.

Mahasiswa yang berminat untuk melakukan program study abroad, student exchange, dan pelatihan di universitas luar negeri baik yang menjalin kerja sama dengan UNAS maupun tidak, dapat mendatangi Kantor Kerja sama Internasional (KKI) UNAS di Selasar Lantai 2 Kampus Universitas Nasional atau mengunjungi situs oic.unas.ac.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.